Sabtu, 13 April 2013

Tugas Mandiri Bab 5

 

 1. Field  

adalah satuan data terkecil yang  tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna. Pada data Mahasiswa, field / atribut datanya dapat contohnya: NIK, Nama_Karyawan, Jenis_Kelamin dan atribut lainnya yang menyangkut karyawan tersebut.
Berikut contoh gambar dari filed :
 

2. Record 

adalah gabungan dari sejumlah elemen data yang saling berkaitan. contohnya  NIK, Nama_Karyawan, Jenis_Kelamin dan atribut lainnya dari seorang Karyawan dapat dihimpun dalam sebuahrecord / baris. 

3. File 

adalah kumpulan dari record sejenis yang mempunyai panjang atribut /field sama,namun isi datanya berbeda Misalkan untuk file pribadi dan file pekerjaan. Masing –masing isi datanya dapat berbeda untuk mempermudah penguna dalam membedakan masing-masing kepentingannya.

4. Basis Data 


adalah  Kumpulan file / table yang saling berelasi (berhubungan)  yang disimpan dalam media penyimpanan eletronik. Dapat dikatakan pengertian lain dari basis data adalah  koleksi terpadu dari data yang saling berkaitan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi suatuenterprise (dunia usaha). Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan pada masing – masing table / file didalam database berfungsi untuk menampung / menyimpan data – data, dimana masing – masing data yang ada pada table / file tersebut saling berhubungan dengan satu sama lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar