Sabtu, 13 April 2013

Soal tugas Bab 3

1.PERBEDAAN SOFTWARE DAN HARDWARE

Perbedaan mendasar mengenai Software dan Hardware tersebut adalah peran yang di miliki oleh keduanya dalam sistem komputer Pada dasarnya, HARDWARE merupakan perangkat fisik yang di gunakan untuk menunjang aktivitas komputer, sedangkan SOFTWARE terdiri dari kode-kode program yang membuatnya dapat melakukan berbagai macam pekerjaan menggunakan hardware.

HARDWARE terdiri dari semua perangkat dan komponen komputer. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
a. Input device (unit masukan)
b. Process device (unit Pemrosesan)
c. Output device (unit keluaran)
d. Backing Storage ( unit penyimpanan)
e. Periferal ( unit tambahan)

komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU,Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.

Berbeda dengan hardware, SOFTWARE merupakan pemrograman yang menyediakan peta jalan (roadmap) untuk setiap dan semua fungsi yang di eksekusi pada hardisk komputer. Tool pada kategori ini (software) dapat terdiri dari sistem operasi koputer, beserta software aplikasi, seperti aplikasi pengolah kata (word processor), aplikasi spreadsheer, aplikasi grafis, atau dapat juga berupa driver hardware (device driver). Software juga mencakup semua program yang di muat pada hard disk, baik dengan cara di download dari internet ataupun dengan menggunakan cd atau perangkat penyimpanan data lainnya untuk memuat software dalam komputer.

Hubungan antara SOFTWARE dan HARDWARE merupakan kerjasama yang saling menguntungkan. SOFTWARE yang paling efisien sekalipun tidak dapat di gunakan tanpa kehadiran hardware yang tepat. Pada saat yang sama, HARDWARE yang berfungsi dengan baik tidak akan berguna terkecuali software yang tepat di muat di dalam harddisk.



2. CONTOH-CONTOH SOFTWARE

-Software pengolah kata :
1.Microsoft Word
2.Wordstar
3.WordPerfect
4.OpenOffice Writer

-Software pengolah lembar kerja (spreadsheet) :
1.Microsoft Excel
2.Lotus 123
3.OpenOffice Calc
4.Quattro Pro

-Software presentasi :
1.Microsoft PowerPoint
2.Presentation, Impress
3.Macromedia Flash

-Software pengolah database :
1.Microsoft Access
2.Base
3.SQL Server

-Software Internet Browser :
1.Internet Explorer
2.Mozilla Firefox
3.Opera, Safari
4.Google Chrome

5.Netscape Navigator

-Software desain grafis :
1.Adobe Photoshop
2.Corel Draw
3.ACDSee
4.Paint
5.Photopaint

-Software antivirus :
1.Norton Internet Security
2.AVG Free
3.Kaspersky
4.PCMAV
5.Norton 360
6.Nod32
7.Norton AntiVirus
8.Avira
9.McAfee

-Software extractor / pengolah archive :
1.WinZip
2.WinRAR
3.KGB Archiver
4.WinACE

-Software Video Editing :
1.Pinnacle Studio Plus
2.Ulead Movie Studio
3.Adobe After Effect
4.Adobe Premiere

-Software burning CD / DVD :
1.Nero Burning ROM / Nero StartSmart
2.WinISO
3.Daemon Tools
4.UltraISO
5.CloneCD
6.CloneDVD
7.Alcohol 120%

-Software music / video player :

1.Windows Media Player
2.iTunes
3.Real Player
4.Winamp

-Software game :
1.Warcraft III
2.Platypus
3.Feeding Frenzy 2

-Software pengaturan tampilan :
1.Vista Transformation Pack
2.WinFlip
3.ViStart
4.Bricopack Vista Inspirat
5.DesktopX

-Software Messenger :
1.Windows Messenger
2.Yahoo! Messenger



3. KEGUNAAN SERVER, CLIENT, ROUTER & MODEM



Modem adalah singkatan dari “Modulator Demodulatorm” secara terpisah modulator demodulator mempunyai arti yang berbeda-beda. Modulator dapat diartikan sebagai bagian yang kegunaannya menjadikan sinyal informasi sehingga dapat berubah menjadi sinyal pembawa Carrier sehingga dapat dikirimkan Sedangkan Demodulator dapat diartikan sebagai bagian yang kegunaannya memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi yang didapatkan tersebut dapat diterima dengan baik.

Dari uraian diatas maka Modem dapat diartikan sebagai perangkat keras yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang berjalan dua arah.

Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya, dengan adanya router maka sebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkat jaringan lain. Contoh aplikasinya adalah jika kita ingin membagi IP Adress kepada anggota jaringan maka kita dapat menggunakan router ini, ciri-ciri router adalah adanya fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol), dengan mensetting DHCP, maka kita dapat membagi IP Address, fasilitas lain dari Router adalah adanya NAT (Network Address Translator) yang dapat memungkinkan suatu IP Address atau koneksi internet disharing ke IP Address lain.

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.
Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.
FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.
Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
• Untuk tujuan sharing data
• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien


Tidak ada komentar:

Posting Komentar